Selasa, 26 Maret 2013

Cara Kerja Ginjal

Banyak orang yang memiliki penyakit ginjal kronis tanpa mengetahuinya, karena gejala penyakit ginjal bisa berlangsung lama. Pada beberapa kasus, gejala penyakit ginjal yang terasa dapat hilang begitu saja, bahkan gejala penyakit ginjal tidak akan terasa selama bertahun-tahun akan tetapi ketika penyakit ginjal tersebut sudah menimbulkan gejalanya biasanya penyakit ginjal tersebut sudah mencapai kepada penyakit ginjal kronis bahkan hingga gagal ginjal.

Pengetahuan adalah kekuatan bagi orang-orang yang mengidap penyakit ginjal. Mengetahui gejala penyakit ginjal secara dini dapat membantu proses pengobatan penyakit ginjal secara cepat dan tuntas. Jika anda atau saudara anda memiliki lebih dari satu gejala penyakit ginjal atau anda sendiri termasuk kepada golongan yang beresiko tinggi terhadap penyakit ginjal alangkah baiknya segera memeriksakan kondisi tubuh anda ke laboratorium (tes darah dan urin). Banyak gejala penyakit ginjal yang menyerupai gejala penyakit lain, sehingga untuk lebih memastikan segeralah periksakan diri anda.

Hasil Laboratorium Nn. Nadya (Pasien komplikasi Gagal Ginjal dan Liver) Sebelum Berobat – 1

Hasil Laboratorium Nn. Nadya (Pasien komplikasi Gagal Ginjal dan Liver) Sebelum Berobat – 2
Gejala penyakit ginjal kesatu : Perubahan dalam Buang air kecil dan warna urin.
Fungsi ginjal salah satunya adalah membuat air kencing (urin) sehingga, apabila warna urin berubah atau terasa sakit ketika buang air kecil, hal ini merupakan salah satu gejala penyakit ginjal. Anda mungkin harus bangun tiap malam hari untuk buang air kecil. Air kencing anda berbusa atau berbuih. Anda mungkin buang air kecil lebih sering dan lebih banyak dari pada biasanya dengan warna urin yang pucat. Anda mungkin buang air kecil dalam jumlah sedikit dari biasanya dengan urin yang berwarna gelap. Urin anda mungkin mengandung dan berwarna darah.

Gejala penyakit ginjal kedua: tubuh anda mengalami pembengkakan.
Ketika ginjal gagal untuk melakukan fungsinya, yakni mengeluarkan cairan atau toksin dalam tubuh anda, maka tubuh anda akan dipenuhi cairan yang mengakibatkan pembengkakan terhadap beberapa bagian tubuh anda, diantaranya di bagian kaki, pergelangan kaki, wajah dan atau tangan. Pembengkakan tersebut merupakan gejala penyakit ginjal yang umum ditemui oleh penderita penyakit gagal ginjal. Dibeberapa kasus kecil, gejala penyakit ginjal berupa pembengkakan disertai juga dengan rontoknya rambut.
Gejala penyakit ginjal ketiga: tubuh anda cepat lelah / kelelahan.

Ginjal yang sehat memproduksi hormon yang disebut dengan erythropoietin yang mempunyai fungsi sebagai memerintahkan tubuh untuk membuat oksigen yang membawa sel darah merah. Ketika tubuh anda mengalami gagal ginjal, maka ginjal anda hanya memproduksi sedikit. Dengan demikian karena sel-sel darah merah pembawa oksigen tadi berkurang sehingga otot dan otak tubuh anda menjadi cepat lelah. Kondisi ini disebut juga sebagai anemia. Oleh karena itu, apabila anda mengalami anemia yang berkelanjutan, hati-hati karena hal tersebut bisa saja merupakan gejala penyakit ginjal.

Hasil Laboratorium Nn. Nadya Setelah Mengkonsumsi 1 paket obat tradisional Penyakit Liver dan Gagal Ginjal

Gejala penyakit ginjal ke empat: Bau Mulut / ammonia breath.

Gejala penyakit ginjal yang ke empat ini berupa bau mulut yang tidak mengenakan. Penumpukan limbah dalam darah (disebut juga sebagai uremia) anda karena adanya gagal ginjal dapat membuat rasa tidak enak dalam makanan dan bau mulut yang busuk. Anda juga bisa mendadak berhenti menyukai daging dan kehilangan berat badan drastis. Di beberapa kasus ada juga yang merasa bau mulutnya seperti meminum cairan besi.

Gejala penyakit ginjal ke lima: Rasa Mual dan Ingin Muntah.
Gejala penyakit ginjal yang lainnya adalah rasa mual berkelanjutan dan selalu ingin muntah. Gejala ini muncul disebabkan karena uremia tadi (penumpukan limbah dalam darah). Gejala ini berhubungan dengan gejala penyakit ginjal sebelumnya yakni bau mulut. Karena bau mulut, anda akan mengalami mual yang berakibat sulit makan dan kehilangan berat badan yang sangat drastis.

Demikian artikel singkat mengenai gejala penyakit ginjal, saran kami jangan tunda memeriksakan diri anda secepatnya ke laboratorium (cek darah dan urin) apabila anda mengalami lebih dari satu gejala penyakit ginjal di atas. Salam sehat selalu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar